Camping Ceria di Curug Ciputri Bogor

Cuaca akhir-akhir ini gak ramah banget ya buat naik gunung, padahal jiwa dan raga ini udah rindu banget kepadanya *ciaelah. Serius, dari januari sampe maret ini gue sama sekali gak naik gunung, rencana si ada aja tapi selalu gagal karena faktor cuaca yang agak menggila hingga akhir maret ini. Nah karena gue uda rindu banget sama gunung, lebih tepatnya rindu suasananya, rindu simfoni semesta ketika sunyi, rindu dinginnya gunung, rindu ujannya juga terkadang, pilihan gue akhir-akhir ini justru lebih condong kearah campcer atau camping ceria. Langsung aja cus ke ceritanya ya.




Camping ceria kali ini bertempat di daerah Bogor, di kaki Gunung Salak II, di daerah Tenjolaya, atau kalian bisa searching aja di Google Bumi Perkemahan Curug Ciputri. Adapun orang-orang lucknut yang ngintil gue ikut ke campcer ini, yang sama-sama rindu gunung tapi ngeri naik karena faktor cuaca, yaitu si Jati, Dadung Ibab, sodaranya si Dadung, dan temen kampus gue si ukhti Lala, 2 cewe 3 cowo dengan dua tenda cukup!

Ceritanya gue berangkat dari Meeting Point yaitu di Cibinong sekitar jam 10 pagi, menggunakan motor menuju Curug Ciputri. Kita melewati IPB Dramaga, lalu melewati jalur menuju Tumaritis. Sesampainya di Tumaritis atau pertigaan Terminal Tumaritis, kita belok kiri, gak sampe 100 meter langsung belok kanan, ada plang Curug Ciputri. Jalur dari jalan raya menuju Curug Ciputri konturnya nanjakkkk banget, gak ancur banget si jalannya tapi agak sempit, cukup satu mobil lah ya. Kitapun tiba di pintu masuk Curug Ciputri, kita bilang mau camping dan dikenai biaya 20ribu saja lho, sudah termasuk parkir dan fasilitas bumi perkemahan. Setelah sampai kita langsung diriin tenda, dan setelah itu.....UJAN BRO!

Bangun tenda dulu

Hujan siang-siang di Ciputri
Akhirnya tenda berdiri juga
Nah selain campcer, kalian juga bisa jelajah curug lho, ada Curug Ciputri dan Padalarang. Waktu itu kita ke Curug Padalarang aja, nggak ke Curug Ciputrinya. Jalur menuju Curug Padalarang lumayan asoy, harus treking dan juga river trekking. Singkatnya perjalanan selama 30 menit kita pun tiba di Curug Padalarang.

River trekking nya lumayan lho

Bocah ilang

Untungnya air di sini ga banjir, padahal abis ujan deres


Curug Padalarang!

Eaa pada asik sendiri

Pulang-pulang, hari sudah mulai gelap.

Setelah dari Curug Padalarang, kita kembali ke tenda lagi, tapi sebelum itu kita menuju kolam yang jernih  buat mandi, letaknya ga jauh dari tenda kami. Kolam alami ini sebetulnya aliran juga dari sungai Curug Padalarang, cuma cocok banget buat berenang karena jernih, bersih, dan gak terlalu dalam.

Berenang di kolam jernih!



Nah setelah puas berenang, saatnya kembali ke tenda buat bersih-bersih lalu masak buat dinner, trus bobok cantik deh sambil nunggu sunrise besok dan melanjutkan eksplore curug yang akan gue tulis selanjutnya ya, karena bersamaan dengan kemcer ini.
 
Di Bogor banyak lho spot buat campcer tetapi kenapa gue milih lokasi di Curug Ciputri? Karena
  1. Sebelumnya gue pernah kesini, cuma gak gue tulis di blog soalnya mager ~. 
  2. Fasilitas di Curug Ciputri itu lengkap, mushola ada, kamar mandi ada 5, warung ada, dan lahan camp yang luas dan teduh karena pohon pinus. 
  3. Viewnya keren, dari camp area dengan jelas kita bisa melihat puncak Gunung Salak 2 yang indah dilihat tapi ekstrim didaki.
  4. Di Curug Ciputri ini ada dua curug yang cukup keren, yaitu Curug Ciputri ini sendiri yang dulu pernah gue datengin, Curug Padalarang yang kudu nelusur sungai, dan kolam-kolam jernih lainnnya. 
  5. Karena gue pengen berkunjung ke Curug Ciampea di mana curug ini aksesnya berdekatan dengan Curug Ciputri dan ingin kesana sedini hari mungkin.
Bagaimana caranya kemari? 
  1. Kalau kalian dari luar Bogor, bisa pakai motor atau mobil, melewati Yasmin, Dramaga, nanti setelah IPB Drama dan menemukan toko Mega Baja, belok kiri ke arah Tumaritis
  2. Kalau kalian bingung, cukup gunakan maps saja, ada kok Curug Ciputri di Maps.
  3. Untuk naik angkutan umum, gue kurang paham, tapi ada angkot jurusan Tumaritis, nah dari terminal itu tinggal naik ojek aja buat ke Curug Ciputri.

Biaya?
  1. Kalau kamu gak camping, dikenakan biaya 15rb sudah termasuk parkir dan explore curug Ciputri dan Padalarang
  2. Kalau camping, cuma nambah goceng jadi 20rebay. 

Gallery sisaan campcer kemarin 








Nah itu dia cerita gue campcer di Curug Cipturi yang asoy banget, lumayanlah buat melepas rindu dengan gunung, bobo cantik di alam lagi. Nah buat kalian yang berniat campcer, Curug Ciputri bisa jadi alternatif, apalagi cuaca yang saat ini masih ekstrim. Selalu jaga kebersihan ya karena di Curug Ciputri udah disediain tempat sampah yakali masih mau nyampah? Salam lestari dan salam secangkir kopi semua!



Bumi Perkemahan Curug Ciputri, 27-28 Maret 2017

Komentar

  1. "Untuk naik angkutan umum, gue kurang paham, tapi ada angkot jurusan Tumaritis, nah dari terminal itu tinggal naik ojek aja buat ke Curug Ciputri."
    ^
    ^
    Mendingan pake angkot 03 jurusan Ciapus Tenjolaya dari BTM (Bogor Trade Mall), yang pasti kudu nanya supirnya dulu sebelum naek angkotnya, karena banyak angkot 03 yang ga sampe Tenjolayanya. Nyampe Tenjolaya berarti kudu ojek atau jalan kaki. wekeke

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp makasih banyak buat info tambahannya bang!

      Hapus
  2. tendanya bawa sendiri atau disediakan dari sana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa sendiri bang, di sana gak ada persewaan tenda soalnya

      Hapus
  3. Kalo dari Jakarta ke arah mana bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke arah Dramaga trus lanjut ke arah Tumaritis Tenjolaya bang

      Hapus
  4. Di sekitar camping ground ada sungainya gak bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada bro, aliran Curug Padalarang sungai nya

      Hapus
  5. Om ini gak dingin2 banget kan ya?rencana mau ajak anak kesini

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejuk gan, tapi kalau sudah tengah malam ya cukup bikin menggigil

      Hapus
  6. Parkiran mobil jauh gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parkiran mobil sebelahan dengan camp area nya mas

      Hapus
  7. Kalau camping 3hari 2malam biayanya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. permalam 20ribu, jadi mungkin sekitar 40ribu bang

      Hapus
  8. Ahhh... baru tau,ada Curug ciputri.
    Makasih sharing nya, kak.

    Jadi ada ide untuk ajak anak-anak kemping

    BalasHapus
    Balasan
    1. yapp tempat ini cocok banget buat kemping keluarga lho

      Hapus

Posting Komentar