Tebing Keraton : Pemandangan Luar Biasa Ciptaan Tuhan di Utara Bandung

Apa yang kalian dengar pertama kali tentang Bandung? Kuliner, factory outlet, jalan Riau, atau mojang nya? Sejenak mari lupakan itu semua ketika kalian ingin berwisata di Bandung. Mumpung masih muda, yuk cobain wisata lain sisi kota Bandung yang ga kalah asik, justru lebih spektakuler dan menantang. Apa si yang lagi hits? Coba saja kalian melipir sedikit ke daerah Dago tepatnya Dago Pakar kalian akan menemukan tempat dengan pemandangan yang sangat sangat luar biasa. Berada di utara wilayah Bandung, sekitaran Dago Pakar dan sangat dekat sekali dengan Taman Hutan Raya Ir.Juanda, ya ini dia yang lagi hits-hits nya, Tebing Keraton!


Rencana perjalanan gue dengan 3 temen perempuan SMA gue direncanain sangat mepet, awalnya ini hanya sebuah wacana-wacana manis saja, tetapi kita semua niat dan pada tanggal 29 Januari 2015 terealisasi lah rencana kami ini. Kami semua berangkat dari Depok sekitar jam 4 pagi dengan harapan bisa lah melihat sunrise, tetapi ngaret tetaplah ngaret, ya namanya juga pagi buta lalu kita baru mengiyakan kemarin, jadilah kita baru jalan dari Depok jam 5 pagi. Perjalanan +- 2.5 jam akhirnya kami sampai di Bandung keluar tol Pasteur.

Ga jauh dari Pasteur, ikuti arah ke Dago atau THR Ir.Juanda. Turun dari fly over Pasupati, belok kiri kearah yang tadi gue sebutin. Dari sana kalian lurus terus aja sampai ketemu plang yang mengarah ke Dago Giri atau Dago Pakar, kalian ambil arah Dago Pakar. Ga jauh dari situ nanti kalian akan bertemu gerbang masuk THR Ir.Juanda dan itu masih lurus sedikit hingga melihat pertigaan dengan patokan warung bandrek, baru deh kalian belok kanan., +- 1 jam perjalanan dari Pasteur kami tiba di parkiran mobil dan motor Tebing Keraton yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat. Dari parkiran menuju Tebing Keraton kita harus jalan kaki atau jika kalian tidak ingin capek ya pakai saja jasa ojek untuk mengantarkan kalian langsung menuju tebing keraton. Ga mahal kok 35ribu pp sudah di tunggu sebanding dengan jalur yang cukup terjal sejauh 3km. Sesampainya di gerbang Tebing Keraton kita bayar dulu retribusi sebesar 11ribu sudah termasuk tiket ke THR Ir.Juanda yang dekat dari sana.

Jalan sedikit dari gerbang menuju Tebing Keraton hanya 100 meter kurang lebih, kami langsung disuguhkan pemandangan yang amat sangat luar biasa. Di sisi kiri atau selatan kita bisa melihat kota Bandung dari kejauhan, Patahan Lembang yang memang membentang luas di bawah Tebing Keraton dan juga Hutan Ir.Juanda yang sangat rindang. Melihat lurus atau arah utara terlihat jelas gunung Tangkuban Parahu dengan gagahnya.

Patahan lembang, hutan Ir.Juanda dan Kota Bandung dari kejauhan

Apa yang bisa lakukan disana? Yang jelas dan pasti ya foto-foto. Tetapi siapkan mental dan jauhkan rasa takut kalian, sebab untuk mendapatkan spot foto yang bagus, kalian harus turun dulu melipir di bebatuan tebing yang licin. Tapi tenang ada beberapa tambang untuk memudahkan kalian naik atau pun turun. Seluruh sisi tebing keraton sangat indah luar biasa, jadi dimana pun kalian foto sebetulnya sudah bagus background nya. Jika kalian mempunyai jiwa ekstrim, ya boleh lah menuju kebawah untuk berfoto di ujung tebing keraton.











Ada beberapa tips dari gue bagi kalian yang ingin berkunjung ke Tebing Keraton. Bagi kalian yang emang niat banget banget buat melihat sunrise di tempat ini, usahakan datang pagi buta, kira-kira jam setengah 5 pagi sudah sampai lah karena berdasarkan informasi dari tukang ojek yang gue sewa, jam-jam segitu uda rame banget, buat foto aja ngantri. Atau jika kalian ingin bermalam di sekitaran sana, kalian bisa tuh menyewa rumah warga. Info yang gue dapet si mereka sewa per 12 jam nya 300ribu tapi terserah mau bawa berapa banyak orang. Usahakan kondisi kendaraan baik mobil maupun motor terisi, sebab jalanan yang menanjak dan rusak parah dapat memboroskan bensin. Untuk yang bawa motor, bisa diparkirkan langsung di dekat gerbang masuk tebing, tetapi jika bawa mobil, harus diparkirkan dibawah, nanti kalian bisa meneruskan ke tebing dengan jalan kaki kalau kuat atau menggunakan jasa ojek. Butuh guide? waktu itu tukang ojek kita secara sukarela menjadi guide kita, foto-fotoin kita sekaligus menjelaskan sejarah tebing ini. Orangnya asik dan cukup informatif, namanya mang Dani bisa telpon doi kalo kalian mau 082315277409 bayarnya sukerela waktu itu. Oh ya mang Dani yang memberitahu kita soal penginepan warga di sekitaran tebing, jadi bagi kalian yang mau bermalam dulu disana, tanya dia aja ya.

Oke deh itu dia pengalaman dan tips dari gue saat pergi ke Tebing Keraton. Ayo buat kalian yang pergi ke Bandung, jangan liburan ke tempat-tempat mainstream dan itu-itu mulu! Karena sejatinya Bandung punya tempat-tempat spektakuler seperti di Pangalengan sekitarnya dan salah satu nya ini, Tebing Keraton Bandung. 

Sekian tulisan dari gue, selamat bereksplorasi ria dan salam lestari!


Komentar

  1. tebing keraton memang paling cocok kalau ke wisata alam bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menjadi salah satu alternatif wisata alam bandung ya bang

      Hapus

Posting Komentar